PKBL GARUDA INDONESIA – CARGO BUSINESS TRAINING BATCH 6

APA ITU PKBL?

Halo semuaaa… Kali ini aku mau ceritain pengalaman aku mengikuti PKBL Garuda Indonesia. PKBL itu merupakan singkatan dari Program Kerjasama Bina Lingkungan dari PT. Garuda Indonesia, Tbk. Dengan kata lain program ini adalah semacam program CSR-nya Garuda Indonesia dalam bentuk beasiswa training. Ini adalah PKBL ke-3 yang sudah dilaksanakan oleh Garuda Indonesia dengan 2 jurusan yang dibuka yaitu Airline Business Training dan Cargo Business Training. Airline Business mempelajari dunia ticketing dalam perusahaan aviasi, sementara Cargo Business mempelajari tentang Basic Cargo Skills and Procedure dan pelajaran lainnya seputar cargo.

PKBL ini sudah mencapai Batch 6. Untuk tahun ini PKBL dibuka di bulan Februari dan Mei 2017. Peserta diberikan uang saku, penginapan, fasilitas belajar, transportasi, dan fasilitas lainnya, all in one lengkap dan yang penting GRATIS. FYI, training yang kita dapatkan ini pada kenyataannya sangat mahal lho… Untuk total subjek yang aku pelajari di Cargo Business + ujian lisensi nya mencapai 15 juta rupiah. Nah, beruntung nggak tuh bisa lolos program ini.

Untuk kelas aku, jumlah siswanya ada 23 orang yang berasal dari 10 kota di Indonesia dengan berbagai latar belakang pendidikan. Range umurnya paling kecil 18 tahun sampai 25 tahun.

WEEK 1

Minggu pertama kami diajarkan tentang bagaimana memiliki kepribadian bintang 5. Sudah tahu kan kalau Garuda Indonesia adalah salah satu airline terbaik di Indonesia? Nah oleh karena itu, kami dididik untuk memiliki kepribadian terbaik. Hari pertama diawali perkenalan trus visiting gedung-gedung lainnya. Btw, kita trainingnya di GITC (Garuda Indonesia Training Center) yaitu tempat belajarnya para pilot, pramugari, foo, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia aviasi. Kami diberi kesempatan untuk nyobain simulatornya pilot, lihat simulasinya pramugari saat ada emergency condition, wah pokoknya seru banget deh.
Foto di Gedung F khusus Flight Attendant

Foto di salah satu simulator Pilot

Hari kedua kami diajarkan grooming. Grooming itu adalah bagaimana kita menjaga penampilan kita. So, kita belajarnya gimana berpenampilan dengan baik include make up. Nggak hanya cewek tapi cowok juga ikutan. Mereka pada pakai masker (kebayang nggak tuh), kalau yang cewek, yang biasanya nggak pernah pakai make up diajarin gimana grooming ala Garuda. Besoknya langsung transformasi jadi cantik dan ganteng. Hehe…

Efek samping setelah pejaran grooming, kami para cewek harus udah bangun jam 04.30 buat siap siap berangkat training. Biasanya rutinitas pagi itu mandi, make up, nyuci, sarapan, trus berangkat training. Formalnya kelas dimulai jam 8, but in reality kita udah mulai dari 06.30. 30 menit awal biasanya ada sharing session sama instruktur kita yang paling rajin yaitu Pak Maman dilanjutkan bejar bahasa Inggris dari jam 7 sampai jam 8.

Selama minggu pertama kita juga belajar Achievement Motivation sama Delivering Extramiles. Disitu kita belajar gimana berpikiran positif dan bagaimana memberikan service terbaik kepada customer dan klien kita. Kita juga belajar tentang etika dan etiket, gimana cara jalan, cara duduk, cara ngambil benda jatuh, cara bersalaman, cara menelfon, cara memberikan dokumen, buaanyak banget deh.

WEEK 2

Selama minggu ke-2 kami belajar tentang organisasi yang menaungi dunia aviasi, Live Animal Regulation, dan bahasa Inggris khusus cargo.

WEEK 3

Selama minggu ini kami belajar tentang basic cargo skill termasuk basic rating. Selama seminggu penuh, Senin sampai Sabtu kami full belajar tentang bagaimana menghitung biaya yang perlu dikeluarkan jika harus mengirim barang.
Foto bareng instruktur basic cargo kita yang paling keren, Pak Sonly


WEEK 4

Selama minggu ini kami belajar tentang  Dangerous Goods Regulation. Lumayan kelimpungan karena harus dibarengi dengan latihan tari untuk acara closing ceremony. Ditambah lagi kami belajar kelompok lagi malamnya setelah latihan tari. Formalnya pulang dari kelas itu jam 4 sore, tapi in fact  kami bisa pulang sampai jam 9 malam.

WEEK 5

Kami belajar tentang cargo flash, ujian lisensi, sama bimbingan karir, trus balik pulang deh.

Trus jalan-jalannya kapan?

Karena kami belajar full Senin sampai Sabtu, liburannya paling hari Minggu. Yang lain masih sempat sih jalan ke Monas, TMII, mall, Blok M, dan lain lain.


Ini sedikit pengalaman aku di PKBL Garuda Indonesia, sebenarnya sih masih banyak hal-hal yang belum aku ceritain. Banyak hal yang ke-skip di tulisan ini, karena hal tersebut kalau diceritain satu per satu bakal panjaaang banget. See you in another chance…



Komentar