Dear Adik yang Baru Lulus

       Tulisan ini hanya sekedar uneg-uneg plus pesan dari kakak untuk seorang adiknya yang baru memasuki dunia perkuliahan. Jadi kalau ada yang merasa agak tersinggung, maafin ya…Hanya mencoba untuk memberi saran kepada calon “agent of change” diluar sana. Happy reading…

            Malam ini seperti biasanya aku melakukan tugasku sebagai mahasiswa, ngerjain paper, baca bahan kuliah, dan setumpuk tugas lainnya. Tiba-tiba sebuah sms masuk di hp-ku, setelah aku membacanya, ternyata itu dari adik junior SMA-ku yang baru lulus di universitas yang sama denganku. Well, aku mengambil kesimpulan dari pertanyaannya tentang jadwal kuliah universitas. Begini kira-kira isi pesannya : “Assalamualaikum Bang, kalau tanggal merah, kampus buka nggak?” Awalan pesan yang cukup baik dengan mengucapkan salam, walau sedikit agak sebal dipanggil abang, ah tapi mungkin dia tidak mengenaliku, jadi manggilnya abang. (Wooi, aku ini perempuan, dek…) Usut punya usut, si adek tersebut terus mengirim pertanyaan seputar administrasi awal kuliah ke aku, aku berusaha menjawab sebisaku sebagai seorang mahasiswa yang udah berumur 2 tahun. Masalahnya, tiap si adek kirim sms, bukannya malah bikin aku nyaman balasnya, tapi malah nggak mood untuk balas lagi. Pasalnya, si adek terus menerus bertanya tanpa menjelaskan identitasnya, namanya siapa, asalnya dari mana, lulus jurusan apa, apa kek gitu, perkenalan dulu baik-baik, eh dia nya main nyerocos aja langsung to the point nanya ini itu dengan cara yang seenak udel-nya dia, malah aku yang nanya identitas dia. Ya harus dong, nanya identitas, mana tau udah banyak nanya tapi salah sambung, atau ternyata yang nge-sms penjahat, mana tau, kan gawat (realis banget ya). Ujung-ujungnya karena dia masih manggil aku abang (lama-lama sebal juga terus-terus dipanggil abang), aku menyelipkan kata “kak” di sms aku dan menanyakan darimana dapat nomor-ku. Balasannya, hmm, bagiku, ok we stop right here, “situ cewek apa cowok?”. CARI AJA SENIOR LAIN YANG MAU BALAS SMS SESUKA HATI KAMU!!!

            Aku udah 2 tahun kuliah dan nggak pernah sekalipun aku ngomong suka-suka hati aku sama senior ataupun dosen. Aku memang nggak hafal setiap senior ataupun junior dari SMA aku, tapi setidaknya aku berusaha jadi junior dan senior yang baik bagi mereka. Aku banyak baca artikel tentang sms mahasiswa ke dosen yang juga nggak beda jauh kayak gini, ujug-ujug sms tanpa ngasih tau nama atau setidaknya apa lah gitu yang menunjukkan kesopanan. Aku masih ingat waktu masih awal-awal kuliah, aku ngirim sms ke semua senior di universitas yang sama untuk nanya info tentang kampus, aku berusaha ngirim sms sesopan mungkin, biar seniornya nggak ilfil ngasih info ke juniornya. Aku mungkin pernah salah ngira senior aku itu cowok padahal sebenarnya cewek, tapi ya aku minta maaf, bukan nanya “situ cewek apa cowok?”, masih ada cara yang lebih sopan daripada itu.

            Dear adik yang baru lulus, kakak tahu kamu masih sangat hijau dengan dunia kampus, dunia yang penuh benturan sana sini, tapi kakak mohon kamu mulainya dengan cara yang paling sopan yang bisa kamu lakukan. Senior mungkin adalah salah satu dari jutaan informan lain yang bisa kamu tanya tentang kampus, apalagi jika berasal dari SMA yang sama. Mungkin kamu bisa lebih sopan saat kamu nanya ke mereka atau kayaknya perlu di MOS lagi biar bisa sopan sama yang lebih tua? Well, saya bukan orang yang mendukung MOS, tapi kalau itu ngajarin kamu lebih sopan sama senior, mungkin kamu harus melakukannya lagi.

            Dear adik yang baru lulus, senior-senior seperti kakak ini sangat menunggu kehadiran adik-adik di kampus tercinta kami, melanjutkan tongkat “agent of change” ke generasi generasi selanjutnya. Kami dengan senang hati akan membalas setiap pesan adik-adik seputaran kampus, jika perlu kami akan membantu sebisa kami untuk masalah adik-adik di kampus. Para senior yang kamu cari itu, selalu punya tangan terbuka untuk menyambut kamu disini.
            Dear adik yang baru lulus, jadi junior itu memang susah susah gampang, harus PDKT sama senior untuk bisa dapat hal yang kamu cari (jangan cuma PDKT sama calon). Para senior punya sejuta cerita yang bisa dia bagikan ke kamu untuk jadi referensi di awal kuliah kamu, kamu bisa belajar banyak dari mereka, atau mereka malah bisa menghancurkan masa kuliah kamu nantinya, itu tergantung dari cara kamu memperlakukan mereka. Kamu bakalan tahu betapa link itu akan memperlancar semua kegiatan kamu (bukan KKN lho ya, itu DILARANG sama sekali).

            Dear adik yang baru lulus, masa kuliah bukan lagi masa untuk bermanja-manja, kamu nggak bisa lagi minta orang tua kamu ngurusin segala masalah kamu di kampus, kamu diajarin mandiri selama awal-awal kuliah (kecuali kamu benar-benar anak manja yang nggak bisa ngelakuin apapun tanpa bantuan mami papi). Maka disitulah peran besar senior dalam masa awal adaptasi kamu. Jadi berbaik-baiklah dengan mereka.

            Dear adik yang baru lulus, maaf jika kakak terlalu banyak meminta dari adik-adik, maaf juga jika terkadang pesannya tak dibalas karna kesibukan kampus yang padat, tapi kami bangga punya kalian disini. Dear adik yang baru lulus, semoga kalian bisa beradapasi dengan baik di kampus baru, titel baru, suasana baru, segala hal yang mungkin belum pernah kalian temukan. Berjalanlah dengan baik untuk menghasilkan hal yang baik pula.


WELCOME TO THE WORLD

Komentar