Pengalaman Cabut Gigi Bungsu (Wisdom Teeth) di RSKGM Universitas Indonesia

 Hai hai... Kali ini aku mau ceritain pengalaman aku cabut gigi bungsu di RSKGM UI Salemba.

Susunan gigi aku pada dasarnya agak berantakan, semenjak 2021 gigi bungsu aku yang bawah itu udah bolong dan udah tumbuh daging, sementara pertengahan 2021 gigi atas mulai berlubang juga dan sangat mengganggu kalau pas makan. Jadi aku kebanyakan nguyah di sebelah kiri karena gigi yang kanan udah pada berlubang. Pas periksa di puskesmas udah disaranin buat cabut gigi, tapi karena masih ragu dan takut jadilah tertunda sampai 2023 ini.

Kenapa pilih RSKGM UI karena pas aku research tempat buat cabut gigi, beberapa review pada bilang kalau di rumah sakit universitas biayanya biasanya lebih murah karena yang merawat adalah dokter residen/S2. Tapi waktu itu aku baca blog yang udah tahun 2018, 2016, 2019, jadi pas 2023 biayanya aku perkirakan udah naik juga.

Jadilah 18 Januari 2023, karena kebetulan lagi di Depok juga, aku memberanikan diri buat cabut gigi.

Awalnya sih niatnya scaling aja, trus mikir sekalian aja cabut gigi, tapi ternyata nggak bisa sekalian gitu ya,,, hahaha.

Day 1

Sampai di RSKGM pukul 08.15 aku langsung pendaftaran pasien baru, lalu setelah itu diarahkan buat periksa kondisi gigi keseluruhan dulu. Setelah nunggu dan dipanggil, periksa tensi lalu ketemu dokter buat periksa gigi secara umum. Jadi kata dokternya gigi bungsu yang di sebelah kanan memang udah harus dicabut, dan yang sebelah kiri sebaiknya juga dicabut karena udah mulai ganggu gigi yang disebelahnya.

Intinya sih, gigi bungsu itu emang harus dihilangkan dari mulut kita, soalnya dia juga nggak berkontribusi pas kita ngunyah, malah berkontribusi buat gigi kita sakit. Jadi bingung kenapa dulu kita punya gigi bungsu.

Setelah itu aku disuruh rontgen gigi. Kesalahan pertama nggak nanya biaya dan ternyata rontgen gigi itu biayanya Rp. 140.000. Untung bawa atm dan saldo di dalamnya cukup tapi aku belum nanyain tuh biaya cabut giginya. Setelah rontgen panoramic dan hasilnya keluar aku disuruh ke lantai 3 ke bagian spesialis bedah mulut.

Baru ngeh nih, pas masuk ruang spesialis, mikir kan biaya dokter spesialis biasanya mahal yak. Pas ketemu dokternya ditanyain sakit giginya sejak kapan, trus ditanyain pertanyaan standar sebelum operasi seperti ada penyakit bawaan nggak, atau minum obat pengencer darah nggak. Setelah mastiin nggak ada masalah buat operasi, dokternya ngilang sekitar 10 menit, kayaknya diskusi sama dosennya dulu deh. Aku tanya deh tu sama asisten dokternya tentang biaya operasinya. Ternyata oh ternyata, wah lumayan juga. Katanya klu operasi gigi odontektomi itu 950rb, kalau cabut gigi biasa 300rb, dan klu pas cabut gigi biasa nggak bisa dan harus ada tambahan jadi 400rb. Auto cek saldo wkwk. Tapi ya udahlah ya, udah disini juga, mau ditunda tunda juga giginya makin sakit.

Pas masuk ruang operasi, mulai nih agak stress. Soalnya aku nggak pernah masuk ruang operasi gigi dan nggak pernah operasi secara langsung gitu walaupun di bius lokal sih. Pas operasi mulai, kaki aku gemeteran soalnya lumayan cemas gitu. Operasi gigi bungsu bagian bawah lumayan lama, pas disuntik anestesi aja rasanya lumayan ngilu. Sekitar mulut juga diolesin krim anestesi sama vaselin sama dokternya biar nggak luka. Lammaaaaa banget rasanya operasi gigi yang bagian bawah, udah lumayan pegel mangap. Setelah selesai lanjut cabut gigi bagian atas, tapi kali ini nggak selama yang dibawah. Pas operasi gigi bagian bawah lumayan kerasa pas dicongkel congkel sama di bor berkali kali. Aku yakin banget sih darahnya keluar banyak, soalnya asisten dokternya disruh suction mulu. Udah selesai, bagian jahit menjahit gusi juga lumayan lama sampai aku merasa mulai sedikit sakit kepala dan ngantuk.

Selesai operasi, mulutnya masih mati rasa sebelah kanan karena anestesi, setelah itu dijelasin sama dokternya pantangannya apa aja. Aku disuruh puasa dulu selama 1 jam setelah operasi, nggak boleh makan dan minum apapun, cuma gigit kapas aja. Setelah itu disaranin buat makan ice cream biar pendarahannya berhenti. Lalu diresepin obat antibiotik dan anti nyeri. 

Jadi pas di kasir tenyata cabut gigi biasa itu biayanya 200rb, jadi total biaya cabut giginya 1.150.000. Sementara untuk obatnya kena biaya 250rb. Jadi total biaya perawatan hari ini 1.540.000

Wah lumayan juga ya, kirain bakal dibawah 1 juta. Tapi demi kenyamanan di masa depan nggak apa apa deh, mumpung ada budgetnya juga. 

Setelah selesai semua trus balik lagi nih ke kostan. Pas dirumah sakit sempat ganti kapas dan pas ganti kapas itu mulai kerasa nyerinya. Tapi nyeri mulai kerasa pas udah di kereta, meski udah ganti kapas kerasa banget nggak nyaman. Sebelum nyampai kost-an, buru buru beli es krim seperti yang disaranin dokternya, karna jujur aku udah mulai ngerasa sakitnya, udah hampir nangis juga tapi ditahan.

Sampai kost-an itu rasanya udah nggak karuan, mulai makan es krim dan prefer es krim sebagai ganti makan siang. Soalnya aku udah mulai nggak tahan tuh sama sakitnya, mau bikin makanan aja tuh udah nggak sanggup. FYI, pain level tiap orang itu beda beda ya, jadi jangan disamain. Aku baca ada juga yang nggak ngerasa sakit setelah cabut gigi. Di kasus aku itu yang lumayan sakit itu bagian bawahnya, jadi yang bagian atas sih sebenarnya nggak terlalu sakit. Habis makan es krim, langsung minum anti biotik dan anti nyeri, shalat trus tidur 2 jam. Pas bangun tidur sih, rasanya udah nggak terlalu sakit ya, tapi pas ganti kapas balik lagi rasa sakitnya walaupun nggak sesakit pas balik dari rumah sakit. Oh ya efek kebal habis anestesi itu kerasa sampai malam jam 6 sore. Aku selesai operasi jam 12 siang, jadi total sekitar 6 jam lah ya. Lidah sebelah kanan agak tebal dan susah nelan sedikit.

Jadi lah sekarang pas nulis ini belum makan malam karena bingung mau makan apa. Mau bikin oat takut nggak enak, soalnya nggak pernah makan oatmeal. Mau bikin energen, nggak dibolehin minum yang panas panas, mungkin hangat boleh kali ya.. Sekarang masih kompres pipi sama botol air dingin yang kebetulan ada di kulkas, lumayan ngilangin rasa nyeri. Akhirnya mutusin buat makan super bubur aja untuk malam ini.

Nah ini jadwal lepasin benang jahitannya 1 minggu dari sekarang. Jadi ditunggu aja updatenya...


Day 2

Di hari ke-2 ini, giginya udah lumayan  nggak sesakit kemarin. Semalaman tidur gigit kain kasa karena kemarin pas nggak gigit kasa rasanya ngilu dan masih nyeri. Pagi ini cobain buka kain kasa dan liat darahnya udah nggak terlalu banyak lagi, jadi mutusin untuk nggak pakai kain kasa lagi. Btw ini habis cabut gigi ternyata malamnya aku malah haid. Masalahnya tuh tiap haid biasanya aku orangnya laperan dan terbuktilah. Hari ini aku coba gosok gigi lambat lambat dan gosok gigi arah yg kemarin di operasi tapi nggak terlalu ke kanan. Untuk pertama kalinya makan oatmeal dicampur pakai susu dingin, soalnya pernah liat nenek makan oatmeal tapi tampilannya nggak menarik. Tapi yang benar aja, nggak lama habis makan oatmeal perut agak kerasa mual, karena udah minum obat antibiotik, dan udah 1 jam habis sarapan, aku balik tidur lagi. Btw itu aku selesai sarapan udah jam 11. Bangun tidur aku udah ngerasa lapar lagi, mau bikin bubur instan takut nggak kenyang. Aku beraniin masak nugget, soalnya lapar banget... Makan nuggetnya dicuil kecil kecil dan dikunyah pakai geraham sebelah kiri.

Komentar