Download buku Everett S. Lee - Theory of Migration

Banyak sekali teori yang melatarbelakangi migrasi internasional. Tidak ada teori tunggal dalam teori migrasi internasional yang diterima oleh para sarjana sosial sains. Oleh karena itu fenomena migrasi secara tersirat merupakan disiplin keilmuwan, sehingga migrasi internasional melibatkan pelbagai cabang keilmuwan

Namun, teori migrasi internasional yang sangat berpangaruh dari masa ke masa telah disampaikan oleh Everet Lee (1966) yang berkenaan dengan faktor pendorong dan faktor penarik seseorang untuk bermigrasi antar negara. Antara faktor pendorong dari negara asal pekerja migran ialah pertimbangan gaji yang rendah, terbatasnya lapangan pekerjaan dan rendahnya akses sosial masyarakat di negara asal. Sementara faktor penarik di negara penempatan ialah gaji yang kompetitif, rendahnya tingkat pengangguran dan kecenderungan seseorang meninggalkan negara asalnya.

Selain itu, migrasi internasional dipengaruhi oleh mekanisme pasar kerja. Hal ini berarti pasar lainnya seperti pasar asuransi dan pasar modal tidak memiliki efek yang sangat penting pada aliran pekerja migran. Seterusnya migrasi internasional pekerja ini dapat dikontrol oleh pemerintah melalui peraturan pasar kerja, baik dari negara pengirim maupun dari negara penerima. Sebagai tanggapan dari pendekatan makro, maka pendekatan mikro juga berlaku dalam teori ini. Seseorang memutuskan untuk bermigrasi sebenarnya telah menghitung antara biaya dan keutungannya, yang pada akhirnya kepada kesimpulan bahwa bermigrasi memberikan pendapatan bersih dan lebih besar yang didapatkan daripada di negara asal pekerja migran.

Kemudian mereka mempertimbangkan politik migrasi antar pekerja, yang mencakup isu-isu berkenaan dengan migrasi tidak beraturan (irregular immigration), dan dampak bagi organisasi kawasan seperti EU (European Union) dan hubungan antara migrasi dan keamanan. Dari proses empiris juga ditemukan bahwa bagaimana negara maju juga disebabkan oleh migrasi ini. Setelah itu juga menganalisis mengenai migrasi karena keterpaksaan.


Pada kesimpulannya menyatakan bahwa kemajuan ekonomi memerlukan migrasi ekonomi dan pekerja migran datang dengan memainkan peranan penting yang bermacam-macam. Oleh karena itu, peranan negara pada tahapan awal migrasi yaitu dengan memainkan peranan formasi karakter kelompok etnik. Selain itu, langkah yang terbaik dalam mengelola migrasi ini dengan mencegah marginalisasi dan konflik sosial dengan memberikan hak penuh dan ruang sosial secara permanen kepada para migran.

Download via :

Daily Upload : http://yoalizer.com/3rF
Usercloud : http://yoalizer.com/3rg
Deposit Files : http://yoalizer.com/3sL

Komentar